♥♥♥♥♥ Condong mato ka nan rancak condong salero ka nan lamak rancak di awak katuju di urang ♥♥♥♥♥

25/08/09

Lamang Tapai

Salah satu makanan khas Minangkabau adalah lamang tapai. Makanan ini tidak asing lagi bagi masyarakat minangkabau. Lamang tapai ini tidak cuma di temukan pada bulan Ramadhan saja seperti di hantarkan pada saat manjalang mintuo, tetapi juga di buat pada acara-acara seperti acara keagamaan, acara pernikahan dan lainnya karena makanan ini di anggap istimewa.


Lamang terbuat dari beras ketan yang di masak dengan santan dan di masak dalam bambu muda . Bahan utamanya adalah beras ketam putih, santan kelapa, daun pandan sedikit garam. Beras ketan di cuci bersihkan dulu dan di masukan kedalam ruas bambu muda yang terlebih dahulu di lapisi dalamnya degan daun pisang kemudian baru dituankan santan ke berasnya dan di bakar dengan bara api, di jaga jangan samapai ruas bambu terbakar. Tapai adalah tape beras kertan hitam yang di buat dengan memfregmentasikan beras ketan dengan ragi.

Perpaduan rasa legit dari lamang dan manis menggigit dari tapai menjadikan makanan ini terasa maknyuuss. Walaupun di jaman sekarang tidak semua rumah di Sumatera Barat menghidangkan makanan ini karena proses pembuatannya yang cukup rumit, tapi kita masih bisa menemukannya di pasar-pasar di Sumatera barat.

Dan apabila anda jalan-jalan ke daerah danau singakarak solok Sumatera barat dari arah padang panjang anda juga menemukan para pejual bermacam lamang. Tidak cuma dari beras ketan putih saja tetapi ada tambahan pisang di dalamnya dan lamang dengan menggunakan beras ketan merah.

0 comments:

Posting Komentar