♥♥♥♥♥ Condong mato ka nan rancak condong salero ka nan lamak rancak di awak katuju di urang ♥♥♥♥♥

18/08/09

Limpapeh..

Apa anda tau apa itu limpapeh.. hmm bagi anda orang minangkabau tentunya tau dan tidak asing lagi dengan apa itu limpapeh. Nah anda pengen tau apa itu limpapeh? Limpapeh itu artinya tiang tengah pada sebuah bangunan dan juga merupakan tempat untuk memusatkan segala kekuatan tiang-tiang lainnya. Apabila tiang tengah ini tidak kuat/ rapuh maka tiang-tiang lainnya ikut jatuh. Dengan kata lain, perempuan di Minangkabau merupakan tiang kukuh dalam rumahtangga.

Kenapa perempuan dikatakan tiang yang kukuh dalam rumah tangga, karena selain perempuan itu merupakan pusat keturunan atau garis keturunan di lihat dari perempuan (ibu) , perempuan sangat berperan penting dalam kehidupan berumah tangga. Di dalam kehidupan sehari-hari dahulunya seorang perempuan di minangkabau selalu berusaha mendidik anak-anaknya serta mengurus rumah tangganya dan terutama mengurus suaminya.

Perempuan minangkabau dahulunya di karenakan beliau sebagai tiang yang penting dalam sebuah rumah tangga, maka perempuan minangkabau selalu mengurus anak-anaknya sendiri, mengurus segala sesuatu nya termasuk mengurus sang suami. Dengan tak henti-hentinya perempuan minang memberikan perhatian kepada sang anak dan suami maka tiang itu akan terus kokoh. Selain dia mengurus anak-anak dan suaminya dia juga tidak lupa menambah atau mengisi waktu luangnya itu dengan kegiatan seperti menjahit bordir, menyulam dan lainnya.

Apakah anda tau.. limpapeh tidak cuma terkenal dengan sebutan "tiang tengah pada sebuah bangunan saja" tetapi di kota bukittinggi ada sebuah jembatan yang menghubungkan antara Taman Marga Satwa dan Budaya Kinantan dengan Benteng Fort De Koc yaitu jembatan limpapeh.

0 comments:

Posting Komentar