♥♥♥♥♥ Condong mato ka nan rancak condong salero ka nan lamak rancak di awak katuju di urang ♥♥♥♥♥

21/08/09

Randai


Randai adalah merupakan salah satu tradisi rakyat dari Minangkabau yang mencakup musik, bernyanyi, tari, drama dan seni beladiri silat. Randai biasanya dilakukan untuk upacara tradisional dan festival, dan kompleks cerita sejumlah malam.

Penampilan Randai adalah identik dengan beladiri seni tari, lagu, dan adegan. Cerita yang disampaikan oleh kedua akting dan bernyanyi dan sebagian besar berdasarkan legenda Minangkabau. Randai berasal di awal abad ke-20 dari lokal seni beladiri, menceritakan kinerja tradisi dan lainnya. Randai ini dimainkan oleh pemeran utama yang akan bertugas menyampaikan cerita, pemeran utama ini bisa berjumlah satu orang, dua orang, tiga orang atau lebih tergantung dari cerita yang dibawakan, dan dalam membawakan atau memerankannya pemeran utama dilingkari oleh anggota-anggota lain yang bertujuan untuk menyemarakkan berlangsungnya acara tersebut.

Dalam randai ini ada cerita yang dibawakan, seperti cerita Cindua Mato, Malin Deman, Anggun Nan Tongga, dan cerita rakyat lainnya. Randai bertujuan untuk menghibur masyarakat yang biasanya diadakan pada saat pesta rakyat.

Sekarang randai ini merupakan sesuatu yang asing bagi pemuda-pemudi Minangkabau, hal ini dikarenakan bergesernya orientasi kesenian atau kegemaran dari generasi tersebut. Randai terdapat di pasisia.

0 comments:

Posting Komentar