♥♥♥♥♥ Condong mato ka nan rancak condong salero ka nan lamak rancak di awak katuju di urang ♥♥♥♥♥

08/09/09

Pepaya kuah basantan

Salah satu menu buka puasa yang tidak saya temui di daerah perantauan ini. Dahulunya semasa saya masih di bangku sekolah orang tua saya selalu mengajak saya jalan-jalan sore ke pasar bawah bukittinggi. Karena saya dan mama pergi di sore hari sudah pasti ada penjual jajanan buat berbuka puasa. Dan yang bikin saya tertarik adalah pepaya di beri kuah santan. Sungguh menarik memang, dengan tampilan warna pepaya di campurkan dengan kuah santan. Dan saya pun membelinya untuk di jadikan salah satu menu berbuka puasa saya nantinya.


Di karenakan saya tidak selalu di ajak mama ke pasar tentunya pun saya tidak selalu menyicipi pepaya berkuah santan ini. Karena saya sangat menyukai pepaya kuah santan ini, sembari pulang sekolah yang kebetulan sekolah saya berdekatan dengan pasar bawah bukittinggi maka saya langsung membelinya dengan pepaya di pisahkan dengan kuahnya yaitu kuah santan.

Di dalam keluarga tidak cuma saya saja yang menyukai makanan ini. Selain menyegarkan pepaya ini merupakan salah satu buah-buahan yang berkhasiat membantu pengaturan asam amino dan membantu mengeluarkan racun tubuh.

Sewaktu-waktu apabila saya menginginkannya saya dapat membuat pepaya kuah santan ini. dengan cara ;
1/2 buah pepaya ukuran sedang
200 ml air santan kental(pati santan)
300 ml air
Gula pasir secukupnya
Garam sedikit
Vannili secukupnya

dan

- keruk pepaya dengan sendok, atau cetakan es buah
- rebus semua bahan kuah sampai mendidih kecil...matikan
- dinginkan kuah santan

apabila anda ingin campurkan dengan es bisa juga. Untuk penyajian pepaya dan santan di pisah supaya tahan lama.

Nah selain rasanya yang segar pepaya mengandung banyak khasiat untuk tubuh kita. Jadi kenapa tidak saya menjadikan pepaya berkuah santan ini menjadi menu favorit saya.

0 comments:

Posting Komentar