♥♥♥♥♥ Condong mato ka nan rancak condong salero ka nan lamak rancak di awak katuju di urang ♥♥♥♥♥

01/09/09

Lamang

Salah satu makanan khas dari sumatera Barat yang satu ini cukup banyak di minati yaitu lamang. Lamang adalah beras ketan yang di masak dengan santan dan di masak dalam bambu muda . Bahan utamanya adalah beras ketam putih, santan kelapa, daun pandan sedikit garam. Beras ketan di cuci bersihkan dulu dan di masukan kedalam ruas bambu muda yang terlebih dahulu di lapisi dalamnya dengan daun pisang kemudian baru dituangkan santan ke berasnya dan di bakar dengan bara api, di jaga jangan samapai ruas bambu terbakar.


Makanan yang satu ini di suguhkan pada saat acara-acara tertentu saja. Ada juga istilah malamang. Malamang adalah salah satu tradisi di Minangkabau menjelang Ramadhan, Idul Fitri, ataupun Maulid Nabi Muhammad SAW. Tetapi, aktivitas ini sepertinya lebih banyak dilaksanakan untuk menyambut Idul Fitri. Konon, pada kesempatan itu, menantu perempuan di Minang 'wajib' mengantarkan lemang buatannya sendiri ke rumah mertua, sebagai tanda bakti dan tentu saja, dalam rangka silaturahim. Tapi pada masa sekarang, tradisi ini sudah mulai pudar karena...yah, alasan klasik, globalisasi.

Selain untuk acara-acara tersebut di atas ada juga lamang ini di buat untuk di perjual belikan. Untuk para penjual lamang ini apalagi pada saat bulan puasa dan Lebaran, penjualannya bisa dua kali lipat. Adapun supaya akan terasa bervariasi makan lamang ini di makan dengan pisang,durian,atau juga bisa dengan tapai hitam.

0 comments:

Posting Komentar